Posted on Leave a comment

Manfaat Gamat Emas Mengobati Penyakit Kronis

manfaat gamat emas

 

Manfaat Gamat Emas Mengobati Penyakit Kronis – Manfaat Gamat atau teripang sudah dikenal didunia, tapi mungkin ada diantara Anda yang belum mengenal hewan Gamat ini. Gamat merupakan hewan yang hidup didasar laut, terutama didaerah-daerah yang memiliki banyak terumbu karang.

Saat ini, tercatat sudah ada sekitar 1250 spesies teripang yang tersebar di seluruh dunia, namun yang dijadikan makanan atau bahan obat tidak lebih 40 spesies saja, temasuk didalamnya jenis teripang emas atau Gamat Emas (Golden Sea Cucumber).

Gamat Emas atau Teripang Emas merupakan spesies teripang yang paling unggul dan istimewa. Keistimewaan teripang ini adalah memiliki kandungan aktif Gamapeptide, dimana kandungan ini hanya ditemukan pada Gamat Emas ini saja dan tidak ditemukan pada spesies teripang jenis lain.

Kandungan Gamapeptide sendiri sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya untuk mencegah inflamasi, mengurangi rasa sakit, 3 kali mempercepat penyembuhan luka, regenerasi sel, menjadikan kulit lebih muda, dan dapat melancarkan peredaran darah.

Selengkapnya mengenai manfaat kandungan Gamapeptide yang terdapat pada Gamat Emas, bisa Anda baca di artikel kami sebelumnya mengenai 7 Manfaat Teripang Emas untuk Kesehatan Tubuh.

 

Kandungan Gamat Emas

Selain kandungan Gamapeptide, Gamat Emas juga kaya akan kandungan gizi lainnya yang baik bagi tubuh. Zat-zat lain tersebut meliputi, seperti :

  • Protein
  • Kolagen
  • Omega-3, Omega-6, dan Omega-9
  • Asam Amino
  • DHA
  • Asam Lemak Esensial
  • Glucosamine
  • Philinopside A dan E
  • Chondroitin
  • Cell Growth Factor
  • Antiseptik organik
  • Mineral
  • Gamapeptide
  • Glikosida Keratin
  • Mukopolisakarida

 

Manfaat Gamat Emas Mengobati Penyakit Kronis

Dengan kandungan gizi yang dimilikinya, ternyata Gamat atau Teripang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit kronis. Inilah diantara manfaat Gamat Emas sebagai obat penyakit kronis :

1. Menurunkan Kolesterol

Gamat Emas bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, karena didalam Gamat Emas mengandung minyak yang sehat. Dengan kadar kolesterol yang stabil, tubuh akan terhindar dari penyakit yang serius seperti darah tinggi dan penyakit jantung.

Selain itu Gamat Emas memiliki kadar asam docosahexanat (DHA) yang tinggi mencapai 3,69 %. Kandungan DHA ini berguna untuk mengurangi trigliserida darah sebagai salah satu penyebab dari penyakit jantung.

2. Pencegah Kanker dan Tumor

Manfaat Gamat Emas yang kedua adalah sebagai pencegah kanker dan tumor. Penyakit kanker dan tumor merupakan penyakit kronis yang sulit diobati sehingga perlu upaya yang dilakukan sejak dini untuk mencegah penyakit ini muncul.

Didalam Teripang Emas terdapat kandungan holothurinoside A, B, C, dan D serta desholoturin A yang bekerja aktif mencegah pertumbuhan sel kanker, termasuk pada saat terjadinya proses metastatis.

3. Mencegah Diabetes

Teripang Emas mengandung protein yang sangat tinggi mencapai 86,8%, dimana protein ini bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Dengan mengkonsumsi rutin Gamat Emas maka tubuh mampu mencegah dari penyakit diabetes, disamping juga perlu upaya-upaya lainnya dengan cara menghindari penyebab diabetes ini muncul.

4. Mencegah Gangguan Hati

Manfaat Gamat Emas yang keempat adalah dapat memelihara kesehatan hati, bahkan memperbaiki fungsi hati. Dengan kesehatan hati maka organ-organ tubuh lainnya juga akan sehat dan bisa terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh gangguan hati (liver).

Kandungan phenol dan antioksidan didalam Teripang Emas inilah yang berguna untuk mencegah gangguan hati dan bermanfaat untuk memelihara kesehatan hati.

5. Mengatasi Hipertensi

Manfaat Gamat Emas juga bisa untuk mengatasi hipertensi. Tekanan darah yang tinggi bisa menjadi penyebab dan pemicu penyakit kardiovaskular dan ini tidak boleh dianggap sepele, perlu upaya segera untuk mencegah dan mengatasinya.

Mengkonsumsi Gamat Emas secara rutin dipercaya dapat menstabilkan tekanan darah.

6. Membasmi Bakteri dan Virus

Manfaat Gamat Emas yang keenam adalah dapat membasmi bakteri dan virus. Hal ini karena teripang bersifat antibakteri sehingga bisa membasmi infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Dengan mengkonsumsi teripang secara rutin juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh mampu menahan sekaligus membasmi bakteri dan virus yang menyerang tubuh kapan saja.

7. Meredakan Sakit pada Persendian

Gamat Emas mengandung zat chondroitin sulfate yang berfungsi meningkatkan produksi kolagen dan pembentuk jaringan ikat, dimana jaringan ini juga bisa ditemukan di dalam tulang rangka, tulang rawan dan persendian manusia.

Dengan kandungan tersebut teripang dipercaya dapat membantu meredakan nyeri sendi dan nyeri tulang akibat arthritis.

8. Meredakan Gangguan Sakit Lambung/ Maag

Penyakit Maag timbul akibat lambung mengalami luka dan peradangan, ini diakibatkan produksi asam lambung yang berlebihan sehingga menimbulkan iritasi pasa selaput lendir lambung.

Kelebihan produksi asam lambung bisa diakibatkan karena pola makan tidak teratur, stres atau karena adanya bakteri Helicobacter pylori.

Kandungan protein dan gamapeptide pada Teripang Emas mampu mengurangi rasa sakit pada organ tubuh yang mengalami sakit termasuk sakit lambung/ maag, selain itu juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan peradangan.

Gamat Emas juga memiliki sifat antiseptik sehingga mampu membunuh bakteri Helicobacter pylori.

9. Meringankan Penderita Asma

Di Malaysia, ekstak kulit teripang Emas dipercaya bisa digunakan untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan dan menangani Asma.

10. Mengobati Asam Urat

Teripang Emas mengandung senyawa anti inflamasi yang mampu menghilangkan rasa nyeri, ngilu, sakit, radang sendi akibat asam urat.

 

Demikian manfaat Gamat Emas atau Teripang Emas yang mampu mengobati penyakit-penyakit kronis, dimana penyakit tersebut sering dialami banyak orang pada saat ini.

Dengan mengkonsumsi Gamat Emas secara rutin, semoga penyakit kronis yang saat ini Anda alami bisa segera teratasi.

 

Tinggalkan Balasan