Posted on Leave a comment

Cara Menyembuhkan Congek dengan Obat Herbal HPAI

Congek

 

Cara Menyembuhkan Congek dengan Obat Herbal HPAI – Congek dapat diartikan sebagai penyakit kuping berair, istilah congek dipakai oleh masyarakat Indonesia yang bahasa latis aslinya adalah otitis media atau yang dalam bahasa medisnya adalah radang telinga tengah. Secara umum penyakit congek adalah peradangan yang terjadi pada gendang telinga baik sebelah kiri atau kanan akibat terjadinya infeksi oleh suatu alat ataupun benda lainnya.

Biasanya penyakit congek diakibatkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh cotton bud atau pembersih kuping lainnya. Sebenarnya jika kuping tidak dibersihkan sampai ke dalam juga tidak ada masalah, adanya cairan lengket yang diproduksi oleh kuping berfungsi sebagai filter kotoran agar tidak sampai masuk ke dalam telinga. Hal inilah yang menjadikan salah persepsi seseorang menganggap bahwa kuping harus sampai bersih ke dalam, padahal jika sampai mengenai gendang telinga maka akan dapat menyebabkan gendang telinga terjadi infeksi dan dapat menyebabkan penyakit congek.

Pada dasarnya kotoran yang ada di telinga (lilin telinga) akan keluar dengan sendirinya seiring dengan gerak rahang. Maka sebaiknya pembersihan telinga ini dilakukan dua bulan sekali, dan yang lebih penting lagi pembersihan jangan sampai masuk ke dalam, cukup di bibir telinga saja agar tidak sampai terjadi infeksi pada gendang telinga.

 

Gejala Congek Kuping

Gejala penyakit congek yang paling mudah diketahui adalah adanya air yang keluar dari kuping secara terus menerus. Air ini adalah nanah yang dikeluarkan oleh gendang telinga yang terinfeksi. Untuk mengetahui secara rinci dari gejala apa saja yang ditimbulkan dari penyakit congek berikut ini:

Kuping terasa nyeri; ngilu jika terdengar suara yang keras; kuping terasa berdengung; adanya nanah pada kuping yang terdapat congek; pendengaran terganggu; nafsu makan berkurang.

 

Cara Mencegah Congek Kuping

  • Hindari mengorek telinga
  • Hindari makanan yang bisa memicu flu / ISPA
  • Jika terjadi flu segera obati sebelum infeksi menjalar ke telinga
  • Hindari berenang hingga gendang telinga menutup sempurna
  • Hindari telinga dari kemasukan air saat wudhu atau mandi

 

Cara Mengobati Congek Kuping

Kini para peneliti telah menemukan metode baru agar penderita congek tidak lagi mengonsumsi obat-obatan atau jalani operasi khusus, yaitu small nose balon. Menggembungkan balon dengan cara meniup melewati setiap lubang hidung yang nantinya akan membuka saluran Eustachia guna mendorong pembuangan cairan kental yang memenuhi bagian tengah telinga.

Obat herbal bisa menjadi solusi untuk mengatasi congek, karena obat herbal mengandung tanaman herbal yang sudah diramu oleh ahli herbal sehingga aman dikonsumsi, berkhasiat dan praktis digunakan.

 

Andrographis Centella HPAI

 

Resep Herba HPAI :

 

Baca Juga : Harga Obat Congek Kuping Resep Herbal HPAI

 

Tinggalkan Balasan