Posted on Leave a comment

7 Manfaat Teripang Emas untuk Kesehatan Tubuh

manfaat teripang emas

 

7 Manfaat Teripang Emas untuk Kesehatan Tubuh – Teripang Emas atau Gamat Emas (Golden Sea Cucumber) merupakan hewan laut yang hampir bisa ditemukan diseluruh wilayah laut.

Hewan yang berwarna keemasan dan tidak memiliki tulang belakang ini tergolong hewan invertebtrata yang masuk ke dalam jenis Echinodermata termasuk didalamnya seperti bintang laut, bulu babi, landak laut, dan lain-lain.

Teripang Emas biasanya hidup di daerah-daerah laut yang terdapat banyak terumbu karang dan bisa ditemukan di sekitar pasir dalam laut.

Hewan laut yang bergerak lambat ini sering dicari dan ditangkap oleh pelayan karena hewan ini dikenal banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kandungan senyawa yang terdapat didalam Teripang Emas sangat bermanfaat dan dibutuhkan untuk tubuh seperti magnesium, fosfor, zinc, asam amino, sodium, kalium, kolagen, saponin, vitamin B kompleks dan kandungan lainnya, sehingga hewan ini disamping  bisa dimakan langsung, juga sering dimanfaatkan untuk dijadikan suplemen dan obat herbal, karena diketahui begitu besar manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Teripang Emas merupakan satu-satunya spesies yang mengandung gamapeptide dan tidak ditemukan pada spesies lainnya. Gamapeptide sendiri banyak manfaatnya untuk kesehatan dan pengobatan.

Manfaat Teripang Emas untuk Kesehatan

Berikut ini 7 manfaat Teripang Emas yang bisa dijadikan pilihan bagi Anda sebagai solusi pengobatan dan menjaga kesehatan tubuh :

1. Mencegah Inflamasi

Manfaat Teripang Emas yang pertama adalah untuk mencegah inflamasi atau peradangan akibat mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari mikroorganisme asing seperti virus, bakteri dan jamur.

Meski inflamasi berfungsi baik dan dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit agar infeksi bisa dicegah, namun jika inflamasi dibiarkan dan semakin kronik (jangka panjang) maka ini dapat menyebabkan munculnya penyakit lain yang membahayakan seperti radang sendi atau kanker.

Teripang Emas memiliki kemampuan untuk mengendalikan dan melawan efek merugikan dari kondisi inflamasi.

2. Mengurangi Rasa Sakit

Manfaat Teripang Emas yang kedua adalah untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat keluhan penyakit seperti luka, batu ginjal, nyeri haid, nyeri sendi dan tulang, sakit lambung dan sakit dari penyakit lainnya.

Kemampuan untuk mengurangi rasa sakit ini dikarenakan Teripang Emas memiliki kandungan protein yang sangat tinggi yaitu sekitar 86,8% yang manfaatnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh (daya tahan tubuh) sehingga tubuh yang mengalami sakit akan menjadi berkurang.

3. 3 Kali Mempercepat Penyembuhan Luka

Disamping untuk mengurangi rasa sakit, Teripang Emas juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, bahkan bisa 3 kali lebih cepat dibanding dengan pengobatan menggunakan herba lain.

Teripang Emas yang memiliki fungsi regenerasi sel dan memperbaiki jaringan tubuh secara cepat menjadikan Teripang Emas mampu menyembuhkan luka dengan cepat, baik luka luar ataupun luka dalam (kerusakan organ dalam tubuh).

Produk Teripang Emas atau gamat yang sudah diolah dan dikemas sedemikian rupa juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka karena kecelakaan, tersayat, luka bakar atau luka sehabis operasi dan bersalin.

4. Mengaktifkan Pertumbuhan dan Mengaktifkan Sel-sel

Manfaat Teripang Emas lainnya adalah dapat mengaktifkan pertumbuhan dan mengaktifkan sel-sel dalam tubuh, terutama bagian tubuh yang mengalami kerusakan.

Berdasarkan penelitian, Teripang Emass atau Gamat Emas memiliki kandungan Cell Growth Factor (faktor regenerasi sel) yang mampu merangsang pemulihan sel dan jaringan tubuh manusia yang rusak, sakit bahkan membusuk, sehingga menjadi pulih kembali.

5. Membuat Kulit Lebih Muda

Bagi Anda yang mendambakan kulitnya sehat dan tetap terawat, Teripang Emas bisa digunakan untuk perawatan kulit, membuat kulit lebih muda sehingga akan meningkatkan kecantikan.

Didalam Teripang Emas atau Gamat Emas ini terdapat kandungan kolagen yang sangat tinggi, dimana kandungan ini sangat bagus untuk kesehatan kulit dan dapat menjaga agar kulit senantiasa sehat, mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat, menghilangkan flek hitam, memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit akan lebih awet muda.

Disamping itu kandungan kandungan Cell Growth Factor pada Teripang Emas dapat membantu menyembuhkan kulit yang rusak akibat bopeng dan meransang kembali pertumbuhan sel kulit yang baru sehingga wajah yang bopeng akan menjadi rata dan mulus kembali.

6. Menstabilkan Emosi

Manfaat teripang emas yang keenam adalah untuk menstabilkan emosi bagi mereka yang mengalami emosi tidak stabil karena berbagai faktor seperti depresi, kurang tidur, pengaruh hormon, trauma, mengalami perubahan mood dan faktor lainnya.

7. Memelihara Sirkulasi Darah agar Tetap Lancar

Menurut penelitian yang telah dilakukan di Universitas Malaysia selama 8 tahun, Teripang Emas juga bermanfaat untuk memelihara sirkulasi darah tetap lancar, mencegah penyumbatan kolesterol dalam pembuluh darah dan membantu melancarkan fungsi ginjal.

Selain itu manfaat teripang emas atau gamat emas ini mampu mengobati berbagai penyakit kronis seperti stroke, asam urat, diabetes, darah tinggi, sinusitis, TBC, glaukoma, gondok, kanker, liver, penyakit pada bayi, penyakit kulit, gatal gatal, herpes, luka bakar, luka tersiram air panas, dan lain-lain.

 

Baca Juga : Manfaat Gamat Emas Mengobati Penyakit Kronis

 

Itulah 7 manfaat teripang emas untuk kesehatan tubuh, disamping masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa Anda ikuti informasi yang terkait dengan tema ini di artikel-artikel kami yang akan datang.

Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan